Saturday, December 31, 2016

Review Penjualan Agenda UI 2016 dan 2017


Di penghujung tahun 2016 ini, saya ingin membuat review satu barang yang selalu mengiringi hari-hari saya di tahun 2016, yaitu adalah: agenda!

Sumber gambar: tokopedia.com (link)


 Sejak tahun 2009 hingga 2016, kira-kira 7 tahun lamanya, saya selalu setia menggunakan agenda yang diterbitkan oleh organisasi Badan Otonom Economica (BOE) FEUI. Saat masih menjadi mahasiswa, saya sempat setahun bergabung di dalamnya. Jadi saya sempat mengikuti juga bagaimana kerja keras teman-teman saya yang ikut menjadi panitia pembuatan agenda tersebut. 


Proyek Agenda UI juga menjadi salah satu proyek yang mendatangkan keuntungan sangat besar. Biasanya agenda yang dijual cepat sekali habis karena target pasar yang terbagi atas siswa SMA (yang pengen banget masuk UI. Sebelum masuk at least punya agendanya dulu hehe), mahasiswa UI, dan para alumni. Kalau tidak salah biasanya mereka menerbitkan kurang lebih 3.000 kopi per tahun. Harganya berkisar Rp30.000an. Kalau kita bulatkan jadi Rp30.000, hitungan kasarnya BOE akan mendapatkan pendapatan kotor sebesar Rp90.000.000, amazing! :D

Saya membeli ketika saya sudah menjadi mahasiswa. Karena berkuliah di FEUI, mudah sekali mendapatkan agenda tersebut. Saya tinggal mendatangi sekretariat BOE saja, selesai. Tidak pernah takut kehabisan karena saya selalu membelinya di awal.

Selain untuk diri saya sendiri, saya biasanya juga membelikan untuk siswa-siswa yang saya ajar yang mendapatkan nilai tryout tertinggi. Lumayan kan harganya tidak begitu mahal, tapi kesan yang didapat begitu besar dan semoga dapat menambah semangat belajar untuk mencapai UI :)

Saya lulus di tahun 2013. Akhir tahun 2013, saya membeli agenda dengan menitip pada junior saya yang masih berkuliah. Akhir tahun 2014 saya membeli pada reseller yang pengambilannya dilakukan di kampus.

---
Nah, yang mau saya soroti adalah pembelian di akhir tahun 2015 untuk Agenda UI 2016. Saat itu saya butuh mendapatkan agenda tersebut di awal Desember karena agenda tersebut lagi-lagi akan saya berikan ke siswa-siswa saya. Junior saya di kampus sedang tidak bisa saya titipi untuk membeli. Jadilah saya harus melakukan pembelian via website, reseller, atau langsung datang ke kampus.

Opsi langsung datang ke kampus saya pinggirkan karena saya ingin mendapat kepastian dulu jika saya datang ke sana, saya akan mendapatkan si agenda. Cmiiw, akhir tahun 2015 itu adalah salah satu tahun awal di mana Agenda UI memberikan opsi pembelian via website. Saya mencoba melakukan pembelian, transfer, dan konfirmasi via email di akhir November. Lalu saya tunggu kok sudah seminggu tidak ada respons ya dari panitianya?

Saya mencoba menghubungi via line dan menelpon langsung narahubung yang kontaknya tertera. Tidak ada respons sama sekali. Wah kacau, pikir saya.

Akhirnya saya curhat ke teman, ternyata dia mendengar kabar ada temannya yang lain yang menjadi reseller. Kebetulan saya kenal dengan orangnya, langsung saya kontaklah dia. Dia bilang dia sedang rieweuh karena dari panitia pusat Agenda UI mengatakan bahwa stok agenda sudah mulai menyusut, sehingga beberapa orang yang bahkan sudah bayar ke si teman saya yang reseller ini harus dia kembalikan uangnya karena barang yang ada tidak cukup.

Duh gawat, pikir saya lagi. Saya kan sudah bayar. Lagipula saya butuh banget agenda itu. Gimana ya supaya bisa langsung terhubung dengan panitia inti yang menangani hal ini?

Saya pun berusaha berselancar di internet mencari kontak yang bisa saya hubungi. Tibalah saya di twitter @agendaUI (link) dan mencoba mencari-cari nomor. Ada poster untuk open recruitment panitia dan ada nomor yang bisa dihubungi! Langsung saya kontak nomor tersebut.

Ternyata itu adalah nomor vice project officernya, alhamdulillah. Segera saya ceritakan masalah saya, dan senang sekali mbak yang menerima telpon saya memperbolehkan saya untuk langsung datang ke sekretariat  BOE untuk mengambil agendanya :”)

Jadilah cerita pembelian Agenda UI 2016 di akhir tahun 2015 berakhir bahagia walau harus pakai sesi panik karena proses pembelian via website yang tidak kunjung direspons.

---
Lalu bagaimana dengan pembelian Agenda UI 2017 di akhir tahun 2016?

sumber: bukalapak.com (link)
Karena respons pembelian via website yang kacau tahun lalu, saya pikir untuk tahun ini saya mau beli langsung ke sekretariat BOE saja. Tapi tentu sebelum kesana saya harus tahu apakah agendanya sudah tersedia sudah belum.

Sayang sekali kembali saya sulit mendapatkan informasi yang ada. Baik website, twitter, facebook, dan instagram update-annya sedikit sekali. Seakan panitianya tidak ada yang berpikir bahwa ada lho orang yang mau beli yang menunggu-nunggu informasi lewat media sosial. Bahkan saya pernah menangkap basah panitia yang memegang akun instagram Agenda UI menggunakan fitur instagram story untuk kepentingan pribadinya. Sempat saya tegur dan dia mengaku dia lupa bahwa akun tersebut bukan akun pribadinya.

Narahubungnya dihubungi via line menjawab sih. Tapi jawabannya cuma menyampaikan bahwa agendanya belum tersedia dan tidak ada kepastian kapan agendanya akan ada.

Saya pikir mungkin ini terjadi karena Agenda UI itu penjualannya sangat laris sehingga walaupun kanal-kanal informasi tidak diperbaharui isinya juga tidak akan menyurutkan penjualan. Padahal tahun ini akhirnya saya hanya butuh agendanya untuk diri saya sendiri saja. Jadilah karena tidak ada kepastian, saya membeli agenda di Gramedia. Agendanya isinya standar dengan desain kaku merk Daiichi.


iya ini bentuk agenda saya untuk 2017, tapi warnanya merah


Tapi kalau akhir-akhir ini saya lihat di update terbaru instagram, bagian desain Agenda UI 2017 memilih desain yang lebih feminin yang sebenarnya jika saya tilik kurang sesuai ketika dilihat lagi target pasarnya yang menyasar baik laki-laki maupun perempuan yang masih di SMA – kuliah – ataupun alumni yang sudah bekerja. Saya kira mereka akan memperbaiki desain 2016 yang ada satu bulan di mana warna harinya semuanya pink dan bergambar perempuan, yang saya rasa jika saya laki-laki saya akan malas melihatnya. Tapi malah tahun ini jadi lebih feminin ya.

 Desain Agenda UI 2016 bulan November yang ngepink. Sumber: pribadi.

 Salah satu halaman dalam Agenda UI 2017. Sumber dari google.

Ya sudahlah, sekian unek-unek saya. Sekarang penjualan Agenda UI sudah dimulai. Jadi kalau ada pembaca yang ingin membeli, silakan cari kontaknya via google. Kalau ada panitia Agenda UI yang membaca, semoga kritik saya bisa menjadi masukan, terutama di bagian sales dan marketing juga desain. Diperbaiki ya untuk Agenda UI 2018 nanti. Siapa tahu kalian masih mau saya balik lagi menjadi pembeli setia, hehe.

No comments: